Jumat, 18 Januari 2013

Diduga Simpan Pupuk Pusri, Gudang PT Samsung Digeledah

Skalanews - Gudang penyimpanan pupuk PT Samsung Dan Ganda di kebun PT Inecda Plantations, Kabupaten Inhu, Riau, digeledah jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Rengat Barat. Penggeledahan itu diduga karena menyimpan serta menggunakan pupuk bersubsidi jenis urea berlabel Pusri.
"Penggeledahan tersebut dilakukan kemaren karena sebelumnya mendapat laporan dari warga setempat," kata kapolsek Rengat Barat, Efrizon, di Rengat, Minggu (6/1) .

Penggeledahan gudang penyimpanan pupuk milik PT S&G itu, lanjut dia, untuk menindaklanjuti laporan warga yang mencurigai perusahaan tersebut menggunakan pupuk jenis urea bersubsidi.
Namun setelah dilakukan penggeledahan secara bersama antara pihak kepolisian dengan pihak PT S&G, ternyata tidak ditemukan adanya pupuk bersubsidi di dalam gudang tersebut.
"Kami tidak menemukan ada pupuk urea bersubsidi di gudang itu, hanya saja ada tumpukan pupuk jenis urea pusri tapi bertuliskan non subsidi," jelasnya.

Selain melihat jenis karung, berapa orang personil polisi juga melihat bentuk pupuk tersebut di dalam kemasan karung yang bertuliskan non subsidi tersebut dan tidak ditemukan ciri-ciri pupuk bersudsidi. "Setelah dilihat isi dan jenis serta warna pupuk bukanlah jenis pupuk bersubsidi seperti yang dilaporkan," ujarnya.
Adapun ciri-ciri pupuk urea bersubsidi adalah berwarna pink, dan pupuk urea non subsidi berwarna putih. Sedangkan yang di temukan dari gudang PT S&G tersebut selain karung yang bertuliskan non subsidi juga ciri-ciri pupuk tersebut adalah putih.
"Jadi tidak ada di temukan ciri ciri pupuk bersubsidi pemerintah pada kemasan dan isi pupuk urea tersebut," sambung kapolsek efrizon menjelaskan.

Manejer PT S&G, Taufik Hidiyat didampingi kepala gudang kebun PT Inecda Plantations, wahyono mengatakan pupuk yang di sangka bersubsidi tersebut dibeli dari suplayer pupuk PT Multiplikasi Abadi sukses pekanbaru sebanyak 400 ton yang di terima minggu lalu.
Adapun sebagian pupuk tersebut telah digunakan untuk memupuk tanaman kelapa sawit dan tidak pernah ditemukan pupuk tersebut berciri pupuk bersubsidi seperti dari jenis warna dan karung. "Sebagai Perusahaan perkebunan tidak pernah menggunakan pupuk bersubsidi," jelasnya. [mad/ant]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar